Selasa, 28 Agustus 2012

GEJALA STROKE,PENYEBAB DAN PENCEGAHANNYA


 















Stroke adalah suatu kondisi ketika sel-sek otak mengalami kerusakan karena tidak mendapat pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup.
Sel-sel otak harus memperoleh semuanya agar tetap hidup dan menjalankan fungsinya dengan baik.  
Oksigen dan nutrisi ini dibawa oleh darah yang mengalir di dalam pembuluh darah yang menuju sel-sel otak.
Apabila pasokan darah dan oksigen itu terhambat beberapa menit, maka dapat terjadi stroke.  
Terhambat selama 3 atau 4 menit saja, sudah mulai menyebabkan kerusakan sel-sel otak. Semakin lama penghambatan itu terjadi, efeknya akan semakin parah dan semakin sulit dipulihkan.  Sehingga, tindakan yang cepat dalam mengantisipasi dan mengatasi serangan stroke sangat menentukan kesembuhan dan pemulihan kesehatan penderita stroke. 
Stroke digolongkan kepada penyakit serebrovaskuler (pembuluh darah otak) yang ditandai dengan kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak.  Berkurangnya aliran darah dan oksigen ini bisa dikarenakan adanya sumbatan, penyempitan, atau pecahnya pembuluh darah.


JENIS STROKE :

1. Stroke Iskemik,
yakni tersumbatnya pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke otak sebagian atau keseluruhan terhenti.  80% serangan stroke adalah stroke iskemik.

2. Stroke Hemoragik,
yakni stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah otak. Hampir 70% kasus stroke ini terjadi pada penderita hipertensi.


1. Kelemahan otot, kaku, menurunnya fungsi sensorik.
2. Menurunnya kemampuan membau, mengecap, mendengar, dan melihat, refleks menurun,  ekspresi wajah terganggu, pernapasan dan detak jantung terganggu serta lidah lemah.
3. Daya ingat menurun, kebingungan, Aphasia (kehilangan kemampuan untuk berbicara dan mengerti pembicaraan), Apraxia ( ketidakmampuan untuk melakukan aktivitas hidup sehari-hari dan perawatan diri).

Jika gejala stroke tersebut menghilang dalam waktu 24 jam, itu dinyatakan TIA(Transient Ischemic Attack), yang merupakan serangan awal atau ringan stroke.


PENYEBAB STROKE :

1. Resiko Medis 
penderita darah tinggi(hipertensi), kolesterol, arteriosklerosis(pengerasan pembuluh darah), gangguan jantung, diabetes, riwayat stroke dalam keluarga dan migrain.

2. Resiko Perilaku 
perokok(pasif atau aktif), mengkonsumsi makanan tidak sehat, mengkonsumsi alkohol, kurang olahraga, mendengkur, konstrasepsi oral, narkoba, obesitas dan stress. 80% pemicu stroke adalah hipertensi  dan arteriosklerosis.


PENCEGAHAN STROKE :

1. Hindari faktor penyebab stroke diatas.
2. Jagalah berat badan ideal
3. Perbanyak makan sayur, buah segar  dan makanan berserat.
4. Olahraga secara teratur.
5. Segera berhenti merokok dan minuman beralkohol karena hal itu akan    meningkatkan resiko stroke sampai 200%.
6. Bekerja dan menikmati hidup dengan penuh syukur, hindari stress karena stress akan meningkatkan kadar radikal bebas di dalam tubuh, yang dapat merusak  berbagai jaringan dan organ tubuh yang vital.


Itulah sekilas tentang gejala stroke, penyebab dan pencegahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar